Pentingnya Karakter dalam Membina Mahasiswa

Senin, 19 November 2012

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sedang gencar melakukan pendidikan karakter untuk generasi muda. Pendidikan membangun karakter ini tidak hanya dilakukan di institusi Perguruan Tinggi namun mulai dari usia dini. Demikian dikatakan Ratna Megawangi ketika menjadi narasumber Pelatihan dengan tajuk “Pengembangan Karakter bagi Pembina Kemahasiswaan IPB, Menjadi Tenaga Pendidik yang Berkarakter untuk IPB yang Berkualitas” yang digelar Direktorat Kemahasiswaan IPB . Acara di gelar di IPB International Convention Center, (10/11).

Pembangunan karakter ini penting dilakukan mengingat  berdasarkan fakta, salah satu survey menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia gemar melakukan suap. Selain itu survey PERC (Political and Economic Risk Consultacy) juga menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang melakukan pelanggaran tertinggi di Asia.

Lebih lanjut Ratna Megawangi  menyampaikan untuk membangun karakter mahasiswa disarankan perlu memperbanyak aktivitas bernuansa  kepedulian sosial di kampus dengan cara  terjun langsung dalam menghadapi berbagai masalah sosial, kebijakan publik, korupsi dan kemiskinan.  Semangat pembinaan ini juga dimasukkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa.  Acara Pelatihan karakter bagi Pembina Kemahasiswaan IPB ini di buka oleh Direktur Kemahasiswaan IPB, Dr. Rimbawan. (dh)

Pin It on Pinterest