Beasiswa Erasmus Mundus di IPB

Sosialisasi Beasiswa Erasmus Mundus di IPB
Kamis, 1 November 2012

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun. “Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus untuk kurun waktu maksimum 3 bulan,” ungkap  Delegasi Erasmus Mundus, Dordia Rotinsulu dalam kegiatan Expert III Kick Off and Promotional Meeting, Selasa (30/10) di Kampus IPB Darmaga.

Beasiswa untuk mahasiswa/i diberikan selama jangka waktu program magister, dengan jangka waktu maksimum 2 tahun. Beasiswa adalah senilai 24.000 euro per mahasiswa untuk program pendidikan 1 tahun atau  48.000 euro per mahasiswa untuk jangka waktu 2 tahun. Tunjangan untuk para akademisi akan diberikan untuk periode 3 bulan, yaitu sebesar  14.800 euro per orang. Beasiswa meliputi biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi. Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui konsorsium.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof.Yonny Koesmaryono mengatakan Konsorsium Erasmus Mundus terbentuk tahun 2010 dan anggotanya  terdiri dari 19 negara. “Dalam kegiatan sosialisasi ini kami mengundang perguruan tinggi lain seperti UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Padjajaran, Universitas Parahyangan, Universitas Soedirman, dan sebagainya untuk memperluas kesempatan penerimaan beasiswa,” papar Prof.Yonny. Pendaftaran Erasmus Mundus dibuka 12 November 2012 hingga 31 Januari 2013. (ris)

Pin It on Pinterest