CommunityEngagementNewsSlider Content

Mengajak Siswa/i SMA Berkuliah di Departemen KSHE IPB untuk Menyelamatkan Bumi

Bogor, Maret 2021. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE) merupakan salah satu dari empat departemen di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB. Departemen ini berdiri sejak tahun 1982 dengan nama Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB No. 103/1982 tanggal 12 November 1982 dan diperkuat Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 137/Dikti/Kep/1984 tertanggal 22 Nopember 1984. DKSHE memiliki mandat keilmuwan yakni pengembangan ilmu, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam konservasi sumberdaya hutan yang meliputi perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan, dan pemanfaatan hidupan liar dan ekosistemnya termasuk ekowisata dan jasa lingkungan. Saat ini terdapat lima divisi di bawah DKSHE yakni Divisi Ekologi dan Manajemen Satwa Liar, Divisi Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan Tropika, Divisi Politik dan Kebijakan Konservasi, Divisi Rekreasi Alam dan Ekowisata, dan Divisi Analisis Lingkungan dan Geospasial Modelling.

Untuk memperkenalkan DKSHE kepada siswa/i SMA dan sederajat, DKSHE menyelenggarakan Webinar yang bertajuk “Masih Mau Tinggal Di Bumi? Kuy Kuliah di KSHE!” pada Minggu, 28 Februari 2021. Selain itu, Webinar ini juga bertujuan untuk mengajak siswa/i SMA dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan di DKSHE IPB agar dapat ikut menjadi professional yang aktif dalam menyelamatkan hutan dan lingkungan hidup. Dalam sesi pembukaan Webinar ini, Ainalusy Nurafifah (Mahasiswa Fast Track DKSHE) selaku MC mempersilahkan Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB Dr. Ir. Naresworo Nugroho, M.S. dan Ketua Departemen KSHE IPB Dr. Ir. Nyoto Santoso untuk memberikan sambutan.

“Departemen KSHE merupakan salah satu departemen unggulan dari Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB karena minatnya luar biasa besar sehingga kompetisi untuk memasuki departemen ini cukup tinggi,” ungkap Naresworo dalam sambutannya.

“Kami ingin memberikan fasilitas pelayanan yang terbaik, baik berupa fasilitas laboratorium, media online, kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler, maupun laboratorium lapangan untuk mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian,” ujar Nyoto Santoso.

Sesi pemaparan dibuka dengan penyampaian pengenalan DKSHE oleh Dede A. Rahman, P.hD (Dosen Muda DKSHE). Selanjutnya, Exist in Exist, S.Hut. (Alumni DKSHE dan News Anchor CNBC Indonesia) sebagai moderator memandu penyampaian materi dari perwakilan mahasiswa dan alumni DKSHE. Pembicara dari perwakilan mahasiswa DKSHE terdiri dari Virga Tria Ilahana (Mahasiswa Berprestasi DKSHE), Afrisal Isfan Abdillah (Awardee Afirmasi Kemenristekdikti dan Rumah Kepemimpinan Scholarship), dan Naufal Faiz FA (Aktivis Berprestasi). Sementara itu, pembicara dari perwakilan alumni DKSHE yakni Catharina Y. Utami, S.Hut. (Mahasiswa Master di Paul Sabatier University, Perancis). Para pembicara menceritakan berbagai pengalaman yang dirasakan dan berbagai kesempatan mengembangkan diri yang didapatkan dengan berkuliah di IPB, khususnya di DKSHE.