CommunityEngagementNewsPartnership_PrivateSlider Content

Penanaman Pohon Bersama Di Taman Hutan Kampus IPB Dramaga dalam rangka Dies Natalis IPB ke-57 dan Depertemen KSHE ke-38 “Menanam Hari ini berkah untuk masa depan”

Bogor, Minggu, 1 November 2020 Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon bersama dengan tema kegiatan “Menanam Hari Ini Berkah untuk Masa Depan”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis IPB ke-57 dan Departemen KSHE ke-38. Dihadiri lebih dari 60 peserta undangan penanaman dari civitas akademika Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, sesepuh, dan alumni yang mewakali 3 generasi Fakultas Kehutanan. Selain itu hadir juga tim dari PT United Tractors Indonesia, Tbk sebagai mitra Fahutan. Kegiatan penanaman di lakukan di area Taman Hutan Kampus (THK) di sekitar Laboratorium Konservasi Eksitu Kampus IPB Dramaga.

Kegiatan dipandu oleh Dr. Syafitri Hidayati sebagai MC dan dibuka dengan pembacaan doa oleh Dr. Burhanudding Masy’ud. Selanjutnya Ketua Departemen KSHE Dr. Nyoto Santoso, MS selaku ketua panitia menyampaikan laporan kegiatan yang berisi mengenai kronologis dan ide awal pembangunan kembali Taman Hutan Kampus yang diinisiasi sejak tahun 2018. Dr. Nyoto mengemukakan bahwa proses pengelolaan Taman Hutan Kampus dilakukan dengan pembersihan lahan yaitu menebang pohon sawit liar dan sebagian rumpun bambu. Sampai saat ini terhitung 6 kali kegiatan penanaman telah di lakukan di area THK dan lebih dari 1.500 bibit pohon (buah, obat, dan kayu komersial) ditanam di area ini. Selanjutnya pada area THK direncanakan pembangunan blok-blok tematik yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan maupun wisata.